Bookmark and Share
Bay Window, optimalkan fungsi jendela
Sebagian fungsi jendela adalah untuk membuat ventilasi lebih lancar, sebagai jalan masuk cahaya, serta sarana untuk melihat ke luar atau ke dalam ruangan. Di Indonesia, pada umumnya jendela dibuat datar dan rata dengan dinding. Namun ada bentuk jendela yang lebih memberikan efek optimal bagi fungsi-fungsi di atas, yaitu bentuk jendela yang menjorok ke luar dari garis dinding.

 

Di lihat dari dalam rumah, akan terlihat semacam ceruk. Bentuk semacam ini disebut bay window. Bay window umumnya berbentuk setengah lingkaran, setengah dari segi enam, maupun setengah dari segi delapan. Model semacam ini tidak asing dipergunakan di rumah-rumah Eropa maupun Amerika. Jendela model ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jendela datar, yaitu: Pertama, lebih banyak cahaya masuk karena lebih bagian kaca bisa dibuat lebih luas.

 

Kedua, udara lebih leluasa keluar masuk dan bukaan yang lebih besar. Ketiga, ruang pandang yang lebih luas. Penghuni di dalam rumah lebih bisa menikmati pemandangan luar rumah dengan lebih leluasa. Keempat, bagian ceruk bisa digunakan sebagai tempat duduk ataupun tempat santai bahkan meja. Tentu sangat menyenangkan bersantai sambil menikmati pemandangan di luar rumah atau membaca koran pagi ditemani secangkir kopi sambil duduk di jendela.

 

*Muh. Fatah Yasin/BTN artikel* 

 
< Prev   Next >
Advertisement
 

Cari Kost via Google

Advertisement

Syarat & Ketentuan

Syarat & Ketentuan

Artikel